CYBER MEDIA

CYBER MEDIA

Jumat, 04 Desember 2015

Straight News



Straight News berarti berita “langsung” ( straight ), maksudnya suatu berita yang singkat  dengan hanya menyajikan informasi terpenting saja yang mengandung unsure 5W + 1H  ( who, what, where, when, why, dan how ) pada paragraph awal ( alinea pertama hingga alinea kedua ) terhadap suatu peristiwa yang diberitakan. Berita jenis ini sangat terikat waktu ( deadline ) karena informasinya sangat cepat basi jika terlambat disampaikan kepada konsumen. Biasanya Stright News menggunakan bagunan seperti piramida terbalik.
Dimana Straight news terdiri dari :
Matter of fact news adalah berita yang hanya mengemukakan fakta utama yang terlibat dalam peristiwa.
Interpretative report adalah berita yang biasanya memfokuskan diri pada kejadian atau isu-isu kontroversial. Dalam Interpretative seorang reporter harus mampu menganalisis dan menjelaskan isu yang diangkat.
Reportage adalah kegiatan jurnalistik dalam meliput langsung peristiwa atau kejadian di lapangan. Wartawan mendatangi langsung tempat kejadian atau TKP (Tempat Kejadian Perkara) lalu mengumpilkan fakta dan data seputar peristiwa tersebut.

Dalam sebuah straight news kita harus benar-benar menaati kaidah pemberitaan model piramida terbalik secara ketat. Artinya, kita menempatkan informasi yang terpenting dari sebuah peristiwa pada urutan pertama atau pada alenia pertama dalam tubuh tulisan kita.

Jenis berita Straight News dipilih lagi menjadi dua macam:

·        Hard News: yakni berita yang memiliki nilai lebih dari segi aktualitas dan kepentingan atau amat penting segera diketahui pembaca. Berisi informasi peristiwa khusus (special event) yang terjadi secara tiba-tiba.
Contohnya: 17 agustus adalah peringatan hari kemerdekaan indonesia
·         Soft News, nilai beritanya di bawah Hard News dan lebih merupakan berita pendukung.
Contohnya: Posko Bantuan Bencana Tsunami Aceh segera dibangun.

Contoh berita straight news :
Malam tadi (13/12) telah terjadi kebakaran di Jalan Taman Sari Bandung, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab dari kejadian kebakaran ini. Mengenai korban jiwa, pihak pemadam kebakaran yang sejak pukul 23.00 sudah diturunkan ke lokasi kejadian memastikan jika tidak ada korban jiwa, terdapat 7 orang mengalami luka ringan dan sudah ditangani oleh pihak medis di tempat kejadian. Kebanyakan korban mengalami luka bakar ringan di sekitar lengan karena berusaha menyelamatkan barang barangnya.


Source :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar